Evaluasi Kesehatan Keluarga Dinkes Jabar 2016

Hotel Harris Ciumbuleuit, 10 Februari 2016

SAMBUTAN KEPALA DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA BARAT

 

Bismillahirohmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Selamat Siang dan Salam Sejahtera bagi kita semua……

YANG KAMI HORMATI DAN KAMI CINTAI :

  1. PESERTA PERTEMUAN EVALUASI KESEHATAN KELUARGA TINGKAT PROVINSI DARI 27 KAB/KOTA YANG TERDIRI DARI :

  • KEPALA SEKSI YANG MEMBAWAHI PROGRAM KIA

  • KEPALA SEKSI YANG MEMBAWAHI PROGRAM KESEHATAN ANAK USIA SEKOLAH DAN REMAJA

  • KEPALA SEKSI YANG MEMBAWAHI PROGRAM KESEHATAN LANSIA

  • PENGELOLA DATA KIA

  1. NARASUMBER DARI KEMENTERIAN KESEHATAN RI DIREKTORAT KESEHATAN KELUARGA, UNSUR DINAS KESEHATAN KAB. BANDUNG, KAB. BEKASI, KOTA CIMAHI DAN UNSUR P2TP2A KAB. CIANJUR,

  2. KEPALA BIDANG YANKES, KEPALA SEKSI KESGA DAN GIZI, PARA PENGELOLA PROGRAM KESEHATAN IBU, ANAK DAN LANSIA PADA DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA BARAT

  3. PANITIA DAN TIM PENDUKUNG KEGIATAN PERTEMUAN PERTEMUAN EVALUASI KESEHATAN KELUARGA TINGKAT PROVINSI TAHUN 2016

 

 

 

SELAMAT DATANG KEPADA PARA PESERTA PERTEMUAN DI KOTA KEMBANG, TEPATNYA DI HARRIS HOTEL CIUMBULEUIT BANDUNG. PUJI DAN SYUKUR KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SWT KARENA ATAS PERKENANNYA KITA DAPAT BERKUMPUL BERSAMA DI HOTEL YANG INDAH INI DALAM RANGKAIAN KEGIATAN PERTEMUAN EVALUASI KESEHATAN KELUARGA TINGKAT PROVINSI TAHUN 2016

 

HADIRIN YANG KAMI HORMATI

ANGKA KEMATIAN BAYI (AKB) JAWA BARAT MENURUT SDKI 2012 BERADA PADA ANGKA 30/1000 KH, SUDAH BERADA DIATAS AKB NASIONAL. JUMLAH KEMATIAN BAYI DARI TAHUN KE TAHUN DI JAWA BARAT MASIH FLUKTUATIF DAN TAHUN 2015 ADA SEDIKIT PENINGKATAN DARI 3979 PADA TAHUN 2014 MENJADI 4124 PADA TAHUN 2015 YANG MASIH DIDOMINASI OLEH AKIBAT ASFIKSIA DAN BBLR SERTA INFEKSI. DAN PENYEBAB LAIN-LAIN. BEGITU PULA DENGAN KEMATIAN IBU YAN JUMLAHNYA MENINGLAT DARI 748 PADA TAHUN 2014 MENJADI 824 PADA TAHUN 2015.  NAMUN DEMIKIAN, YANG MASIH MENJADI PERMASALAHAN ADALAH BELUM SELARASNYA HASIL CAKUPAN INDIKATOR KESEHATAN IBU DAN ANAK DENGAN JUMLAH KEMATIAN IBU DAN ANAK DIMANA DENGAN TINGGINYA CAKUPAN KESEHATAN IBU DAN ANAK, JUMLAH KEMATIANNYA MASIH TINGGI.

 

 

HADIRIN YANG KAMI HORMATI

TIDAK TERASA KITA SUDAH MEMASUKI TAHUN 2016. MELALUI PENDANAAN APBN 2016, DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA BARAT MENGADAKAN PERTEMUAN EVALUASI PROGRAM KESEHATAN KELUARGA. MENGAPA KESEHATAN KELUARGA KARENA PADA TAHUN 2016 DENGAN OERUBAHAN SOTK BARU DI KEMENTERIAN KESEHATAN DIMANA KEMBALI LAGI MENJADI KESEHATAN KELUARGA. KAMI MENGUNDANG DARI PROGRAM KIA, ANAK USIA SEKOLAH, REMAJA DAN LANSIA SEBAGAI BENTUK EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KESGA DI TAHUN 2015.

 

PADA PERTEMUAN INI DIHARAPKAN AKAN ADA FEEDBACK EVALUASI BAGAIMANA PENCAPAIAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM KESGA BAIK DI PROVINSI MAUPUN DI KAB/KOTA. KAMI JUGA MENHADIRKAN BEBERAPA KAB/KOTA YANG AKAN MENYAMPAIKAN PENGALAMAN MEREKA DALAM PENGELOLAAN PROGRAM KESEHATAN KELUARGA. MELALUI PERTEMUAN INI DIHARAPKAN DAPAT DIBAHAS APA SAJA YANG TELAH DICAPAI DAN BAGAIMANA PERBAIKAN KE DEPAN.

 

HADIRIN YANG KAMI HORMATI

BERBAGAI UPAYA DILAKUKAN OLEH PEMERINTAH PUSAT, PROVINSI, KABUPATEN/KOTA DAN KETERLIBATAN LINTAS SEKTOR, MASYARAKAT, LSM, ORGANISASI PROFESI DAN PERGURUAN TINGGI (PT), NAMUN MASALAH PENURUNAN KEMATIAN IBU DAN BAYI BELUM DAPAT DITURUNKAN DENGAN MAKSIMAL. BEGITU PULA DENGAN CAPAIAN PROGRAM KEGA LAINNYA BELUM TERCAPAI SECARA OPTIMAL. DALAM RANGKA FASILITASI KAB/KOTA UNTUK AKSELERASI PENURUNAN AKI, AKB, AKABA, SERTA PENGUATAN PROGRAM ANAK SEKOLAH, REMAJA DAN LANSIA, PROVINSI MELAKSANAKAN PERTEMUAN EVALUASI DILINGKUNGAN KESEHATAN KELUARGA, DIMANA PERTEMUAN INI DIMAKSUDKAN UNTUK MENILAI EFEKTIFITAS DARI PROGRAM YANG TELAH DILAKUKAN APAKAH SUDAH DAPAT MENJAWAB PERMASALAHAN ATAU BAHKAN SEBALIKNYA, SEHINGGA PERLU DILAKUKAN UPAYA-UPAYA LEBIH LANJUT. KEGIATAN PADA HARI INI AKAN DILANJUTKAN DENGAN PERTEMUAN KOORDINASI TEKNIS PADA TANGGAL 15-17 FEB 2015.

 

HADIRIN YANG KAMI HORMATI

DALAM KEGIATAN SELAMA 3 HARI INI AKAN DIPAPARKAN DAN DIINGATKAN KEMBALI BEBERAPA HAL PENTING DIANTARANYA :

  1. MENGENAI CAPAIAN KINERJA PROGRAM KESEHATAN KELUARGA TAHUN 2015

  2. MENGETAHUI KEBIJAKAN PROGRAM KESEHATAN KELUARGA YANG TERINTEGRASI MUALI DARI KESEHATAN IBU, ANAK, PENJARINGAN USIA SEKOLAH DAN REMAJA SERTA PROGRAM KESEHATAN LANSIA

  3. MENGIDENTIFIKASI KELANGSUNGAN KEGIATAN DAN PERMASALAHANNYA PADA PROGRAM KESEHATAN KELUARGA

  4. MENGIDENTIFIKASI TARGET DAN REALISASI INDIKATOR KESEHATAN KELUARGA DALAM RANGKA PEMENUHAN RPJMN DAN RPJMD JABAR

 

HADIRIN YANG SAYA HORMATI

SELAMA PERTEMUAN INI, DIHARAPKAN IBU DAN BAPAK DAPAT MENGUATKAN DAN MEMANTAPKAN KINERJANYA DALAM PENCAPAIAN PROGRAM KESEHATAN KELUARGA. SEPULANG DARI PERTEMUAN INI HASIL KESEPAKATAN YANG DIHASILKAN DIHARAPKAN DAPAT DILAKSANAKAN DI MASING-MASING INSTANSI DALAM UPAYA MENDUKUNG UPAYA KESEHATAN KELUARGA DI JAWA BARAT.

MENGAKHIRI SAMBUTAN INI, KAMI MENYAMPAIKAN SELAMAT MENGIKUTI PERTEMUAN INI. MOHON MAAF APABILA ADA HAL-HAL YANG KURANG BERKENAN. SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MELINDUNGI DAN MEMBERKAHI KITA SEMUA.

AAMIN YAA ROBBAL AL’AMIN, WABILLAHI TAUFIQ WAL HIDAYAH,WASSALAMUALAIKUM WR.WB.

                                                 

KEPALA DINAS KESEHATAN

                                                        PROVINSI JAWA BARAT

                                     dr. Hj. ALMA LUCYATI, M.Kes, Msi, M.H.Kes

                                                      NIP. 195610221984102001

Articles & Resources